PARA BUYERS DAN SELLERS TERPIKAT PESONA SUMBAWA

Sumbawa - Tidak kurang dari 150 buyers domestik dan mancanegara serta 50 seller terbaik di Lombok dan Sumbawa merasa terpikat dengan pesona Sumbawa. Tidak hanya keindahan alam yang mereka rasakan. Namun sentuhan budaya, tradisi dan nilai-nilai yang berkembang di Kabupaten Sumbawa juga menarik perhatian mereka. Hal itu terungkap saat Ramah Tamah buyers dan sellers Lombok Travel Mart (LTM) di Halaman Istana Dalam Loka, Kabupaten Sumbawa, Senin (02/03/2020) malam. Tema LTM 2020 ini adalah Magical Moyo. Para buyers dan sellers ini berkunjung dan mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Tanah Samawa dalam rangka Lombok Travel Mart (LTM) ke-7 yang diselenggarakan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB. Para seller tersebut berasal dari stakeholder kepariwisataan NTB seperti, para pengelola Hotel, Restaurant, Pokdarwis, juga Desa Wisata. Di LTM ke-7 ini, mereka akan menjual paket-paket wisata pulau Lombok dan Pulau Sumbawa kepada para kelompok buyers yang berasal dari para pengelola Travel Agent terbaik Indonesia dan mancanegara yang telah melewati proses seleksi sangat ketat. Dari 400 pendaftar, hanya150 buyers terbaik yang terpilih. Adapun destinasi wisata unggulan Kabupaten Sumbawa itu diantaranya, Teluk Saleh, Istana Dalam Loka, Pulau Moyo, Terjun Kalela, Air Terjun Marente, Ai Beling (Sempe), Pulau Bedil (Utan), Pulau Keramat (Utan), Teluk Santong, Jempol / Jembatan Polak, Liang Bukal 12. Liang Petang, Air Terjun Teba Murin (Lenangguar), Air Terjun Teba Tewa (Pernek), Pantai Labangka dan Lenang India (Lantung). Sedangkan budaya yang memikat para wisatawan yang datang diantaranya pakaian adat, sejumlah jenis tari dan joget. Sementara kuliner yang menggugah selera di antaranya, Gecok, Sepat, Singang, Pelu lenga, Rujak lanang, Pelu aru, Manjareal (jajanan), Mie Samawa, Siong sira (Ayam/Ikan) dan Jangan bage. Salah satu buyers dari Malaysia, Faridah Najamuddin mengaku terpesona dengan keindahan Sumbawa serta budaya yang tumbuh berkembang di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, berbagai jenis kuliner di daerah ini, memiliki ciri khas yang tidak dimiliki daerah lain, bahkan di negaranya. "Saya nilai Sumbawa ini memang lain daripada yang lain dan unik. Dari segi orangnya, pakaiannya dan juga masakannya," ungkapnya dengan logat Malaysianya. Atas keindahan dan keunikan itu, ia beserta para buyers Malaysia akan mempromosikannya di berbagai event pariwisata di negaranya. "Saya akan membawa travel-travel agent ke sini, biar mereka bisa lihat langsung betapa indahnya Lombok Sumbawa ini," jelasnya. Hal yang sama juga disampaikan buyers Jawa Tengah, Nurul. Ia mengaku terpukau dengan pemandangan alam serta keramahan masyarakat Sumbawa. Sejak tiba di Sumbawa tadi pagi, ia beserta para buyers lain telah mengunjungi sejumlah daerah wisata Sumbawa, seperti Desa Ekowisata Marente. Rencananya esok, ia bersama rekan-rekannya akan mengunjungi Pulau Moyo, salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Sumbawa yang telah mendunia. "Kami akan memasukkan ini dalam paket wisata di travel agent kami. Selanjutnya kami akan promosikan," katanya. Sementara itu, Ketua APPSI NTB, Djohari Somad menjelaskan LTM ini selalu mengangkat hal-hal baru terkait wisata. Salah satu yang baru itu katanya adalah keindahan yang ada di Sumbawa. Sumbawa katanya ibarat gadis cantik yang memiliki pesona luar biasa. Hanya saja, ketenaran daerah ini lebih banyak dikenal oleh wisatawan mancanegara ketimbang domestik. "Tujuan LTM ini adalah membuka wawasan kita bahwa NTB itu tidak hanya Lombok, tapi juga Sumbawa," katanya. Untuk terus meningkatkan pariwisata di Sumbawa katanya, diperlukan infrastruktur jalan dan aksesibilitas yang memadai. Termasuk armada transportasi dan perhotelan. (*)


Dipost oleh MUHAMMAD PRADITINA SAFREZA pada 3 Mar 2020

3

banner
simaskot

Scan Qrcode atau klik SIMASKOT untuk mengisi Survei Kepuasan Masyarakat

SIMASKOT