Wagub Umi Rohmi Kunjungi Posyandu Keluarga Desa Puyung dan Jontlak Lombok Tengah

Wagub Umi Rohmi Kunjungi Posyandu Keluarga Desa Puyung dan Jontlak Lombok Tengah

Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengunjungi Posyandu Keluarga di Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Selasa 11 Oktober 2022. Kepada para kader posyandu jajaran pemerintah desa, Umi Rohmi meminta agar kualitas pelayanan kesehatan di posyandu terus ditingkatkan dengan memberikan asupan makanan bergizi bagi sasaran posyandu yang dibarengi menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Saat ini, kata Umi Rohmi, masalah stunting sangat menjadi perhatian pemerintah. Oleh karena itu, angka 70 % stunting yang masih diakibatkan lingkungan wajib dintervensi, dengan cara menjaga lingkungan dan pemberian asupan makanan bergizi. Selain stunting, cucu Pahlawan nasional dari NTB Syaikh Maulana TGKH Zainuddin Abdul Madjid ini juga menyosialisasikan dampak negatif perkawinan usia dini seperti tingginya angka perceraian, KDRT, masalah ekonomi, dan termasuk stunting yang disebabkan karena anak belum memahami banyak hal terkait masalah kesehatan. “Mari kita cegah perkawinan anak dan fokus memperhatikan asupan makanan bagi anak-anak balita kita, berikan makanan bergizi terutama mengandung protein hewani seperti telur untuk mengintervensi stunting,” ujarnya.

Kunjungan ke Posyandu Keluarga ke kantor Desa Puyung Kecamatan Jonggat dan Kantor Lurah Jontlak Kecamatan Praya Tengah membuat Wagub Umi Rohmi terkesan karena pengetahuan para ibu terkait kesehatan sudah baik. Dalam kunjungan juga dilakukan penyerahan bantuan berupa telur untuk anak dan balita, serta pengecekan sistem administrasi posyandu. Sementara itu, Lale Reny Marlianto, ahli gizi dari Puskesmas Puyung, didampingi Lurah Desa Puyung L.Edith Rahardiawan menjelaskan, untuk angka stunting terdata di Posyandu Banget Tengak dan Lingkung Daye ada 28 dari sasaran 117, sedangkan untuk data desa ada 227 yg stunting dari sasaran 1064.

Donwload foto-foto kegiatan DI SINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *