WAGUB : PROGRAM DAN PERENCANAAN SDGs HARUS TEPAT SASARAN

WAGUB : PROGRAM DAN PERENCANAAN SDGs HARUS TEPAT SASARAN

Mataram – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah membuka kegiatan rapat koordinasi (Rakor) dengan tema Sinergitas Kerja Sama Multi Pihak Dalam Mendukung Pencapaian Target Sustainable Development Goals (SDGs) di Provinsi NTB. Rakor ini berlangsung di Ruang Rapat Geopark Rinjani Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB, Rabu (13/11/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Bappeda Kabupaten/Kota Provinsi NTB, Perwakilan Bapennas dan juga Direktur SMERU Research Institute. Turut pula hadir sejumlah Kepala OPD lingkup Setda NTB, Ormas serta LSM.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan pentingnya pembangunan berkelanjutan di NTB. Wagub juga meminta agar pemerintah dapat terus konsisten pada program-program pembangunan.

“Butuh konsistensi yang sungguh-sungguh, waktu yang mungkin tidak cepat, tapi kalau kita sudah berhasil membangun sistem yang baik maka nanti akan otomatis, multiplier effect-nya akan luar biasa,” katanya.

Program dan perencanaan SDGs juga menurutnya harus tepat sasaran. Ia juga meminta kedepannya kegiatan bukan hanya berbentuk kegiatan seremonial saja. Kinerja dan wujud nyata di lapangan diharapkan juga dapat lebih ditingkatkan.

“Sehingga semua stakeholder yang terkait ini betul-betul terkonek, tidak hanya formalitas, tetapi secara teknis dia juga konek semua,” sambungnya

Terakhir, Wagub berharap komunikasi dan koordinasi antar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota agar terus terjalin dengan lancar, sehingga semua permasalahan dapat terselesaikan dengan baik.

“Semoga rakor ini menghasilkan sesuatu yang produktif dan terimplementasi dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, MTP mengungkapkan beberapa tujuan kegiatan Rakor. Diantaranya, membangun kerja sama sinergis antara lembaga pemerintah dan non pemerintah serta menyusun kebijakan, strategi dan inovasi untuk percepatan pencapaian target SDGs.

“NTB termasuk daerah yang berprestasi didalam pencapaian-pencapaian SDGs, tentunya ini modal yang baik bagi kita semua,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang tukar pikiran dan berbagi pengalaman antar lembaga pemerintah dan juga non pemerintah. Terakhir, Ardhi berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *