Wagub NTB Sampaikan Ikhtiar Asri dan Lestari Pada Seminar Pengarusutamaan Gender dan Perubahan Iklim

Wagub NTB Sampaikan Ikhtiar Asri dan Lestari Pada Seminar Pengarusutamaan Gender dan Perubahan Iklim

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyampaikan visi NTB Gemilang saat didaulat sebagai salah satu panelis atau pembicara kunci dalam Seminar Berskala Internasional bertema “Perempuan dan Anak sebagai Garda Depan dari Perubahan Iklim” yang diselenggarakan Yayasan Relief Islami Indonesia, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, kamis 24 November 2022.

Yayasan Relief Islami Indonesia telah melakukan berbagai intervensi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Provinsi NTB sejak 2018 hingga sekarang. Saat ini 4 project sedang berjalan yaitu mengurangi emisi karbon, konservasi lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat miskin dan rentan terkait dampak dari perubahan iklim.

Umi Rohmi demikian Wagub NTB biasa disapa, tampil sebagai pembicara seminar yang diikuti peserta melalui luring dan daring. Salah satu Visi NTB Gemilang yang disampaikan adalah Ikhtiar NTB Asri dan Lestari dan upaya Pengarusutamaan Gender.

Ditekankan Umi Rohmi, di NTB pembangunan lingkungan adalah hal yang diletakkan pada porsi yang penting. Ikhtiar NTB Asri dan Lestari adalah bentuk konkret dan nyata dari pembangunan di bidang lingkungan dan hubungannya dalam pengarusutamaan gender.

Terkait gender, Umi Rohmi menyampaikan komposisi penduduk di NTB yang yang lebih banyak perempuan yaitu sebanyak 50,7 persen. Perempuan adalah golongan yang rentan terhadap perubahan iklim. Oleh karena itu pengarusutamaan gender di NTB harus dilakukan.

“Dan kita tahu bahwa perubahan iklim membawa dampak berbagai aspek kehidupan perempuan mulai dari sisi sosial, lingkungan, ekonomi, kesehatan yang memiliki potensi dampak untuk perempuan seperti menurunnya angka harapan hidup, penyediaan air bersih, penyediaan pangan rumah tangga minimnya akses layanan kesehatan dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Sedangkan strategi gender yang dilakukan di NTB, kata Umi Rohmi, diantaranya memastikan kebijakan dan anggaran mendukung kesetaraan gender, menyusun program kegiatan dengan prinsip-pronsip dasar yaitu data terpisah, analisi gender, memperkuat peran laki-laki dan perempuan dalam perencanaan dan pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. “Serta membangun sistem pengetahuan yang mendukung perbaikan kemampuan adaptif terutama di kawasan perubahan iklim. Jadi edukasi menjadi paling penting,” jelas Umi Rohmi.

Cucu Pahlawan nasional dari NTB itu juga memaparkan visi NTB Gemilang yang berisi 6 poin misi. “Yang pertama adalah NTB Tangguh dan Mantap. Di sini bicara bagaimana NTB kemantapan infrastruktur dan ketangguhan NTB terhadap bencana,” katanya.

Kemudian yang kedua adalah NTB Bersih dan Melayani yang bicara tentang good government dan clean government. Sedangkan yang ketiga adalah NTB Sehat dan Cerdas yang berbicara tentang pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan. Serta yang keempat adalah NTB Asri dan Lestari, yaitu pembangunan di bidang lingkungan. “Kita sadar NTB sangat indah, sangat subur sehingga menjadi kebutuhan kita untuk melakukan pembangunan berwawasan lingkungan,” papar Wagub NTB.

Sedangkan yang kelima adalah NTB Sejahtera dan Mandiri yang terkait dengan pembangunan ekonomi. “Dan yang keenam NTB Aman dan Berkah,” demikian Umi tutur Umi Rohmi. (rindu Langit/foto: bagero)

Leave a Reply

Your email address will not be published.