Wagub NTB : Keterbukaan Informasi Adalah Kebutuhan

Wagub NTB : Keterbukaan Informasi Adalah Kebutuhan

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Provinsi NTB Tahun 2022 kembali diselenggarakan oleh Komisi Informasi NTB bertempat di Hotel Lombok Raya Mataram, Senin, 19 Desember 2022. Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang hadir dalam kesempatan ini turut menyerahkan piagam penghargaan kepada para peraih predikat “Informatif” dimasing-masing kategori.

Dalam sambutannya, Ia menekankan betapa pentingnya Keterbukaan Informasi Publik sebagai ikhtiar memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Karena memang kita pahami yang namanya Keterbukaan Informasi ini bukan lagi keharusan, tapi ini kebutuhan,” tegas Wagub mengawali sambutannya.

Terlebih lagi, NTB yang dalam lima tahun terakhir selalu bertengger di lima besar nasional untuk Keterbukaan Informasi, disebut Wagub harus terus mendorong dan mengembangkan Keterbukaan Informasi Publik. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dua arah.

“Ini menjadi sangat penting bagi kita untuk meyakinkan bahwa semua kita didalam melaksanakan pembangunan ini, didalam kita berkomunikasi dengan masyarakat itu yang terpenting adalah bagaimana keterbukaan itu kita wujudkan, bagaimana komunikasi dua arah itu kita wujudkan,” tambahnya.

Wagub yang juga akrab disapa Umi Rohmi ini kemudian mengatakan bahwa pemanfaatan sosial media dapat menjadi wadah yang luas untuk Keterbukaan Informasi kepada masyarakat. Dengan hal ini, masyarakat akan tahu dan turut mengambil peran serta kontribusinya didalam pembangunan. Tentunya hal ini akan memudahkan banyak pekerjaan karena dilakukan secara bersama-sama.

“Sering sekali program pemerintah itu dianggap untuk pemerintah, padahal program pemerintah itu tujuannya untuk masyarakat,” jelas Umi Rohmi. Kedepannya, pemerintahan di NTB diharapkan Umi Rohmi dapat semakin cepat tanggap dalam melayani masyarakat. Sehingga pemerintah dan masyarakat dapat membaur bersama dalam membangun daerah. “Mudah-mudahan dengan semakin terbukanya informasi di NTB ini, pembangunan kita menjadi semakin lancar kedepan, sehingga NTB Gemilang bisa kita wujudkan bersama,” tutupnya. (Sandy, Photo : Umam)

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *