Wagub NTB Ajak Warga TPA Kebun Kongok Perangi Stunting

Wagub NTB Ajak Warga TPA Kebun Kongok Perangi Stunting

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Rohmi Djalilah siang ini hadir di lokasi Pasar Seni Banyu Mulek Lombok Barat, menghadiri dan memberikan sambutan sekaligus membuka Kegiatan Aksi Gizi Generasi Maju Dalam Rangka Peringatan Hari Gizi Nasional 2023 berlokasi TPA Kebon Kongok Lombok Barat (9/2/2023.)

Dalam sambutannya, Wagub NTB bangga dengan penurunan angka stunting yang sangat signifikan di Lombok Barat. Semua ini berkat tekat kuat kita antara Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat nyatakan perang melawan stunting. ” Saya bangga dan senang melihat kemajuan yang luar biasa yang ditorehkan untuk penurunan angka Stunting di Lobar, tahun ini sudah dibawah angka 19%, ini luarbiasa dan mari kita perkuat tekad kita untuk perang melawan stunting “, ucap Umi Rohmi sapaan akrabnya Wagub NTB.

Umi Rohmi juga menekankan pentingnya pemberian protein hewani pada anak sebagai upaya pencegahan stunting atau kekerdilan pada anak di wilayah itu. “Kita harus fokus pada pemberian protein hewani, seperti telur dan ini murah. Intinya anak-anak kita harus tetap sehat,” kata Wagub di TPA Kebon Kongok.

Wagub mengatakan asupan gizi berupa protein hewani harus terus diberikan kepada anak-anak untuk menjaga kesehatan dan mencegah stunting. Karena namanya stunting pertumbuhannya tidak normal. Karena, menurutnya, para orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi sukses untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan intinya jangan putus sekolah. “Untuk melanjutkan pendidikan, anak-anak harus tetap sehat dengan menjaga kesehatan dengan memperhatikan makanan,” ucapnya lebih lanjut.

Diakhir sambutannya Wagub ucapan terima kasih atas peran dan sumbangsih Danone yang serius membantu NTB dalam memerangi stunting. ” Dengan tulus saya ucapkan terima kasih atas peran dan sumbangsih Danone yang serius membantu NTB dalam memerangi stunting, sekali lagi terimakasih,” pungkasnya.

Ikut meramaikan acara hari ini juga diadakan lomba hias ketupat, lomba sajian aksi gizi yang diikuti oleh Ibu-ibu PKK dari 5 desa area TPA Kebon Kongok yang dimenangkan oleh Kelompok Ibu-ibu dari Desa Perampuan. Sedangkan untuk lomba mewarnai yang juga diikuti oleh seluruh PAUD yang ada di Lombok Barat dimenangkan oleh Dinda Aprilia dari Paud Sekarwangi.

Kesemuanya ini diadakan semata-mata untuk memberi semangat kepada semua keluarga dengan harapan dapat meningkatkan kreatifitas anak-anak juga mengerakkan masyarakat agar terbiasa dengan makanan sehat dan bergizi untuk Aksi Gizi Generasi Maju.

Giat ini didukung oleh Pemprov NTB, Pemkab Lobar, Germas, Danone, Aqua, Nutricia, Sarihusada, Bersama Cegah Stunting di hari gizi Nasional 2023.

Didampingi Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid S.Ag, M.Si, Para Pejabat Pemprov diantaranya Asisten 1, Kadis Kesehatan, Kadis PMPD Dukcapil,Kadis ,kadis Dikbud dan BKKBN serta Pejabat dari TNI Polri. (Ajik, Photo : Umam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *