Untuk Hasil Maksimal, Penangan Sampah Perlu Kesadaran Bersama

Untuk Hasil Maksimal, Penangan Sampah Perlu Kesadaran Bersama

Penanganan sampah di NTB saat ini mulai terlihat, pelan tapi pasti, program unggulan NTB Zero Waste dapat dirasakan oleh masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, program yang berfokus pada penanganan sampah ini sangat penting dimulai dari kesadaran sendiri.

“Sampahmu adalah tanggungjawabmu,” tegas Wakil Gubernur NTB, saat menghadiri diskusi ‘Refleksi Hari Lingkungan Hidup dalam Mengurangi Dampak Bencana Ekologis dan Perubahan Iklim’ yang diadakan oleh Geopark Rinjani di Amorf Creative Hub Mataram, 5 Juni 2023.

Kesadaran sendiri merupakan bentuk kepedulian masyarakat, terhadap masalah sampah yang ada di sekitar lingkungan kita. Dengan demikian, cita-cita NTB bebas sampah dapat terwujud.

“PR kita sekarang bagaimana membangun kesadaran, sampah ini adalah tugas kita bersama, seandainya kita laksanakan tugas ini bersama, insyaallah akan berhasil,” terangnya.

Seiring berjalannya waktu, program ini mulai berkembang, dilihat dari persentase pengelolaan sampah yang mulanya 20 persen, sekarang naik menjadi 50 persen lebih, dulunya sampah yang datang ke kebon kongok hanya puluhan ton, sekarang bisa sampai 300 ton.

“Itu artinya, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sudah sangat tinggi,” ujar Wakil Gubernur yang akrab disapa Ummi Rohmi ini.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB guna memastikan sampah dapat tertangani dengan baik, diantaranya membuat peraturan tentang pengelolaan sampah, bekerjasama dengan berbagai pihak, baik pihak luar maupun pemerintah pusat, hingga membangun industri pengolahan sampah.

Atas dasar itu, Pemerintah Provinsi menargetkan NTB Net Zero Emission tercapai pada tahun 2050, jauh lebih awal 10 tahun dari target nasional.

“Terget kita 17 persen, namun saat ini tembus 20,4 persen,” ungkapnya.

Optimisme tersebut disampaikan mengingat NTB merupakan salah satu daerah yang memiliki berbagai potensi energi terbarukan.

Ummi Rohmi berharap, Misi NTB Asri dan Lestari dapat segera terwujud, tentunya dengan kesadaran bersama untuk menangani permasalahan sampah ini. (Tamhid, Photo : Jun)

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *