Tindak Lanjut Kerjasama IJB-Net, Gubernur Sambut mitra perusahaan Jepang YUIME.Inc

Tindak Lanjut Kerjasama IJB-Net, Gubernur Sambut mitra perusahaan Jepang YUIME.Inc

Penandatanganan kerjasama Pemerintah Provinsi NTB dengan Indonesia Japan Business Network (IJB-Net) dalam mengirimkan tenaga kerja berketerampilan khusus atau Specified Skilled Worker (SSW) bersambut baik.

Hari ini, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut jajaran IJB-Net bersama mitra perusahaan Jepang, YUIME.Inc dalam membahas lanjutan kerjasama pengiriman SSW ke Jepang bertempat di Pendopo Gubernur, Rabu 9 Agustus 2023.

Gubernur NTB mengaku senang dengan perkembangan kerjasama yang dilakukan sekaligus menyampaikan dukungan penuh Pemprov dalam menyegerakan program pengiriman SSW tersebut.

“Bukan hanya persoalan bekerja ingin mencari penghasilan, tapi juga transfer of knowledge, expertise, technology. Jadi, we are interested to send more people to Japan, simply they are able to learn, mampu belajar tentang agriculture dan lain sebagainya,” ucap Bang Zul sapaannya.

Seperti diketahui, Jepang merupakan negara yang sangat terkenal dengan industri pangan dan pertaniannya. Sistem pertanian di Jepang mempunyai sistem kerja yang baik dengan menggunakan teknologi yang canggih. Untuk menanam, menyirami, hingga memanen, Petani Jepang telah dibantu dengan mesin. Namun disatu sisi, Jepang memiliki keterbatasan dalam hal sumber daya manusia.

Oleh karena itu, kerjasama ini dinilai Bang Zul sebagai peluang besar bagi masyarakat NTB yang ingin bekerja di Jepang, khususnya pada bidang agriculture.

“Sehingga pengalaman lima tahun di Jepang saya kira akan sangat berguna buat masyarakat kami untuk dibawa tentang sains dan teknologi agriculture di Lombok nanti,” sebut Bang Zul.

Melalui hal ini pula, Ia berharap program ini akan mampu mengubah mindset bahwa agriculture itu bukan hanya untuk orang miskin, tapi peningkatan produktivitas juga akan turut menjadikan petani lebih makmur dan sejahtera.

“Mudah-mudahan segera dilakukan pelatihan hingga orang-orangnya betul-betul capable, sehingga akan membanggakan kami juga beruntung buat Jepang juga,” harap Bang Zul.

YUIME.Inc sebagai perusahaan penyalur tenaga kerja pertama membuka kesempatan bagi seluruh negara, khususnya Indonesia untuk mengirimkan tenaga kerja maupun peserta magang di Jepang. Saat ini baru 330 orang yang bekerja di YUIME.Inc, padahal Jepang memungkinkan sebanyak 36.500 orang untuk bekerja di sektor pertanian dengan berpindah lokasi sesuai komoditasnya. (Sandy, Photo : Jupri)

                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *