Selain Siap Masuki Dunia Kerja, 293 Wisudawan Poltekpar Lombok diharap Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Selain Siap Masuki Dunia Kerja, 293 Wisudawan Poltekpar Lombok diharap Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Sebanyak 293 mahasiswa-mahasiswi Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok dilakukan Wisuda. Prosesi wisuda yang unik, karena berlangsung di BNI Lounge Pertamina Mandalika International Circuit pada Jum’at 18 November 2022. Selain itu, Prosesi Wisuda ke-III dengan tema “Resilience in a Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity Era”. Poltekpar Lombok juga dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Uno bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah.

Dalam konferensi pers usai kegiatan wisuda, Menparekraf bersama Gubernur NTB berharap, mahasiswa Poltekpar Lombok yang telah diwisuda diminta untuk terlibat dalam mensukseskan berbagai event Internasional yang akan dilaksanakan di Provinsi NTB. Menparekraf mengatakan, pasca pandemic, pariwisata kita mulai bangkit secara perlahan. Kita berharap dengan pulihnya kembali dunia pariwisata akan mampu memberikan dampak terhadap kebangkitan ekonomi kreatif, dan tentunya akan berdampak pada ketersediaan lapangan kerja yang seluas luasnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Target lanpangan kerja tahun ini 1,1 juta lapangan kerja, dan pada tahun 2024 target sebanyak 4,4 juta lapangan kerja, tolong dibantu untuk mencapai tergart itu,” ujar Menparekraf.

Oleh karena itu, 293 wisadawan Poltek yang telah memiliki skil dan potensi untuk bukan hanya memasuki dunia kerja, namun akan mampu menciptakan lapangan kerja dengan menjadi pengusaha-pengusaha sukses dibidang pariwisata. “Dari hasil survei sekita 70 % lulusan Politeknik Pariwisata sudah mendapatkan pekerjaan, dan 30 % ingin memulai usahanya sendiri,” terangnya.

Menparekraf menegaskan, Poltekpar bukan sebuah institusi pendidikan yang menambah jumlah pengangguran, tapi justru mengatasi dan memberikan solusi untuk mengurangi pengangguran. “Alumni Poltekpar adalah garda terdepan, kami yakin di NTB mereka akan menampilkan sisi terbaik dari lulusan poltekpar se-Indonesia, akan mampu untuk membuka peluang usaha,” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengapresiasi kehadiran Menparekraf pada acara wisuda Poltekpar Lombok yang terbilang unik, karena dilaksanakan di Sirkuit Mandalika. Kehadiran ini merupakan perhatian luar biasa yang diberikan Kementrian pariwata untuk NTB. Momentum ini akan menjadi saksi sejarah untuk mengapresiasi perubahan yang tak terlihata secara kasap mata, dan bahkan kadang-kadang luput dari perhatian kita.

Pada perhelatan event tahun kemarin di Sirkuit Mandalika, hampir semua yang melayani hospitality di sini orang adalah orang luar, maka pada event tahun ini hampir semua hospitality telah dilayani oleh Poltekpar. “Ini baru satu event, bayangkan kalua tahun depan dengan bantuan Pak Menteri dan teman teman kementerian kita akan menjadi tuan rumah berbagai event internasional tiap bulan,” ujar gubernur NTB yang akrab disapa Bang Zul ini.

Oleh karena itu kedepan Bang Zul berharap, lulusan-lulusan terbaik Poltekpar bukan hanya siap untuk menghandle hospitality tapi, benar benar mampu meningkatkan standar pelayanan di NTB itu sendiri. (mawardi/foto:gunadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.