Sambut HANI 2023, Gubernur NTB Musnahkan BB Narkoba Senilai Milyar

Sambut HANI 2023, Gubernur NTB Musnahkan BB Narkoba Senilai Milyar

Dalam rangka menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada tanggal 26 Juni mendatang, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah melakukan pemusnahan Barang Bukti (BB) Tindak Pidana Narkotika Golongan I (satu) dari kasus Narkotika yang ditangani BNN Provinsi NTB. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor BNN Provinsi NTB Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin 12 Juni 2023.

Adapun Barang Bukti yang dimusnahkan berupa Ektasi atau Inek 1976 butir, Ganja sebanyak 2.775 kg dan Sabu-sabu sebanyak 3189,77 gram, dengan total nilai harga barang bukti sekitar 5 Milyar.

Beberapa alat bantu peredaran juga ikut disita BNN berupa mobil, motor, handphone dan uang hasil transaksi saat dilakukan penangkapan.

Dalam sambutanya, Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini menyampaikan apresiasi atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi NTB kepada jajaran BNN Provinsi NTB, yang telah berhasil menyelamatkan banyak masyarakat dari peredaran dan ketergantungan barang terlarang tersebut.

Bagi para pelaku pengedar dan pemakai barang haram tersebut, Bang Zul berharap agar segera bisa segera dilakukan rehabilitasi dan diproses secara hukum.

Peredaran Narkoba saat ini sambung Bang Zul, sudah sangat memprihatinkan. Karena tidak hanya menyerang masyarakat yang berduit, tetapi juga sudah merasuki masyarakat yang kurang mampu. Artinya, masalah ini adalah hal yang sangat serius dan berakibat sangat fatal serta mengakibatkan dampak sosial yang tidak sederhana.

Bang Zul menuturkan, selama ini cukup intens turun ke desa-desa, dusun-dusun, mendengarkan beberapa permintaan dari masyarakat seperti, sumbangan untuk Masjid, perbaikan jalan dan saluran irigasi dan sebagainya.

“Tetapi akhir-akhir ini mereka sudah minta kami konsen terhadap permasalahan Narkoba yang sudah masuk di dalam kampung dan di desa-desa,” ungkapnya.

Untuk itu, semua pihak yang terkait penindakan Narkotika agar terus melakukan pertemuan dan perumusan dalam hal pengawasan, baik dengan para Bupati Walikota, Camat bahkan kepala Desa untuk bersama-sama melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan Narkotika di wilayah NTB. (Edi, Photo : Afriadi)

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *