RAKERKESDA 2023, Wagub NTB Tekankan Pembangunan Kesehatan

RAKERKESDA 2023, Wagub NTB Tekankan Pembangunan Kesehatan

“Karena kesehatan itu hak seluruh masyarakat NTB”, ucap Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (RAKERKESDA) Provinsi NTB Tahun 2023 pada Senin, 20 Maret 2023 di Hotel Lombok Raya. Mengangkat tema “Bersama Wujudkan Transformasi Kesehatan dengan Semangat NTB Gemilang”, ada enam pilar transformasi kesehatan yaitu layanan primer, layanan rujukan, ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, tenaga kesehatan, dan teknologi kesehatan.

Dalam sambutannya, Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB memberikan berbagai arahan terkait pembangunan kesehatan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota se-NTB dan para stakeholder di bidang kesehatan. Ia menekankan agar pembangunan kesehatan menjadi prioritas dan terus diperjuangkan.

“Sehat menjadi satu hal yang sangat penting di dalam pembangunan. Ini yang ingin saya garis bawahi dan saya ingin semua memperjuangkannya”, ucapnya.

Menurutnya, pembangunan kesehatan dapat meningkatkan angka harapan hidup dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB. Pembangunan kesehatan yang dimaksud oleh Wagub NTB meliputi pelayanan, data, infrastruktur, dan tenaga kesehatan di mulai dari posyandu hingga rumah sakit provinsi, yang mana semuanya perlu senantiasa di monitoring dan evaluasi.

Selain itu, Ummi Rohmi meminta kabupaten/kota se-NTB mengawasi implementasi tiga pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM (stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, dan pengolahan air minum dan makanan yang aman) yang sudah dideklarasikan sebelumnya serta mendorong enam kabupaten/kota yang belum mendeklarasikan dua pilarĀ  STBM lainnya (pengelolaan ampah rumah tangga dan kelima adalah pengelolaan limbah cair rumah tangga).

Terakhir, ia berterima kasih dan mengapresiasi kinerja dan capaian Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTB. (Atikah, Photo : Darwis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *