Program Pelatihan Pemagangan ke Jepang, Bang Zul : Jaga Nama Baik Bangsa Kita

Program Pelatihan Pemagangan ke Jepang, Bang Zul : Jaga Nama Baik Bangsa Kita

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengunjungi peserta pelatihan pra pemberangkatan tahap 1 program pemagangan ke Jepang kerjasama Kemenaker RI dan IM-Japan Tahun 2023 di Balai Latihan Kerja Provinsi NTB, Selasa 11 Juli 2023.

Gubernur mengingatkan, agar para calon peserta magang ke Jepang untuk tidak memaknai kerja ini sebagai sebuah belas kasihan. Namun jadikan dan maknai sebagai sebuah perjalanan hidup. Oleh karena itu jangan sampai ke Jepang hanya semata-mata mencari uang, namun carilah pengalaman baru dan semangat baru, sekaligus sebagai duta bangsa.

Bang Zul sapaannya, berpesan agar peserta calon magang ke Jepang untuk tampil sebagai sosok dari NTB yang mampu membanggakan tanah air.

“Bangun kepercayaan dan jaga nama baik bangsa kita,” pesannya.

Peserta pelatihan magang ke Jepang diikuti sebanyak 75 Peserta yang berasal dari Kabupaten/Kota yang ada di NTB. Program ini merupakan hasil inovasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB yang disebut PEPADUPLUS yang telah masuk mengikuti nominasi di tingkat pusat.

PEPADUPLUS sebagai sebuah inovasi Pemerintah Provinsi NTB dalam mempersiapkan pendidikan dan pelatihan bagi anak-anak NTB yang sesuai kebutuhan Kerja dan siap diserap oleh industri kerja yang ada. Hal ini sebagai salah satu wujud kontribusi Disnakertrans Provinsi NTB terhadap program industrialisasi yang dicanangkan oleh Gubernur NTB.

Dari keahlian yang didapatkan, diharapkan setelah pulang kerja dari Jepang dapat menjadi wirausaha yang mandiri. Sehingga setelah pulang dan habis kontrak di Jepang, akan diberikan hak dan kewajiban berupa sertifikat dan tunjangan usaha mandiri.

Peserta yang telah lulus pelatihan tahap 1 (satu) selanjutnya akan mengikuti pelatihan tahap 2 (dua) di Bekasi, sebelum pemberangkatan ke Jepang.

Tampak hadir dalam penutupan tersebut, Kepala Disnakertrans Provinsi NTB, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTB, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi NTB, perwakilan Kementerian Tenaga Kerja dan dari International Manpower Jepang (IM-Japan). (Mawardi, Photo : Jun)

      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *