Pj Gubernur Buka Forum Konsultasi Publik RPJPD NTB

Pj Gubernur Buka Forum Konsultasi Publik RPJPD NTB

Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si membuka Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi NTB Tahun 2025-2045, dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025 yang diselenggarakan BAPPEDA Provinsi NTB bertempat di Hotel Lombok Raya, Selasa 20 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur menyampaikan bahwa didalam pembahasan isu-isu strategis ini akan mampu memetakan misi sebaik-baiknya dalam perjuangan menyusun RPJMD, RPJPD dan RKPD NTB.

“Oleh karena itu, kita membutuhkan kesungguhan dan konsentrasi penuh, mudah-mudahan dokumen perencanaan kita menghasilkan perencanaan yang bagus,” ungkapnya.

Pj Gubernur yang akrab disapa Miq Gita tersebut menambahkan, sesuai dengan isu strategis NTB yang merupakan pusat perekonomian baru. Maka Global Hub di Kabupaten Lombok Utara menjadi salah satu isu yang seksi, sementara di Kabupaten Lombok Barat dengan komoditi tambang dan sebagainya, begitu juga di daerah lainnya dalam upaya menyongsong Indonesia Emas 2045 menandang.

“Kepada para ASN-ASN muda yang sekarang menjadi tim ahli, tugas dan fungsi moralnya supaya mampu mengawal dokumen perencanaan 20 tahun kedepan dan akan menjadi pengendali pembangunan NTB di masa depan,” tambahnya.

Miq Gita berharap, kualitas dokumen perencanaan mempunyai nilai harapan baik dalam memajukan pembangunan NTB dalam menyonsong Indonesia Emas.

Sebelumnya, Kepala Bappeda NTB, Ir. H. Iswandi melaporkan bahwa rancangan awal sudah melalui proses penyusunan yang dimulai dari akhir tahun 2023 lalu dipersiapakan dari para ahli. Untuk itu, agenda hari ini diharapkan menghasilkan penyempurnaan.

“Melalui proses pendalaman, evaluasi dan pengkajian yang pada akhirnya nanti bisa menentukan penetapan di DPRD Provinsi NTB, berbagai tantangan yang akan menetukan keberhasilan pembangunan NTB, karenanya perlu kebersamaan dalam mewujudkan itu sesuai Rancangan Visi Misi Daerah 2025-2045, NTB Emas 2045 menjadi daerah yang maju, kuat, aman berkelanjutan dan sejahtera,” lapor H. Iswandi. (Edi, Photo : Afriadi)

               

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *