Permudah Urusan Hukum, Gubernur Apresiasi Penerapan e-BERPADU di NTB

Permudah Urusan Hukum, Gubernur Apresiasi Penerapan e-BERPADU di NTB

Digitalisasi sudah menyasar ke seluruh aspek kehidupan tanpa terkecuali, mengikuti perkembangan zaman, Mahkamah Agung meluncurkan Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-BERPADU) sebagai langkah digitalisasi di tubuh penegak hukum.

Saat ini, e-BERPADU mulai diterapkan di Wilayah Hukum Provinsi NTB dengan ditandatanganinya nota kesepahaman Komitmen Bersama Gubernur, Aparat Penegak Hukum dan Instansi lainnya dalam mendukung penerapan aplikasi e-BERPADU di wilayah hukum Provinsi NTB, kamis 3 November 2022 di Kantor Pengadilan Tinggi NTB.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengapresiasi penerapan aplikasi e-BERPADU ini di Wilayah Hukum Provinsi NTB. Ia mengatakan, aplikasi ini menjadi salah satu cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terkait dengan urusan hukum

“Atas nama pemerintah dan masyarakat NTB, kami mengacungkan jempol dan apresiasi yang luar biasa atas inovasi ini,” kata Gubernur.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa perguruan tinggi diantaranya Universitas Mataram , Universitas Al-Azhar Mataram, Universitas Teknologi Sumbawa, dan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Aplikasi e-Berpadu adalah Integrasi Berkas Pidana antar Penegak Hukum untuk Layanan Permohonan Izin Penggeledahan, Izin Penyitaan, Perpanjangan Penahanan, Penangguhan Penahanan, Pelimpahan Berkas Pidana Elektronik, Permohonan Penetapan Diversi, Izin Besuk Tahanan Online oleh Masyarakat tanpa harus datang ke Pengadilan.

Dengan adanya aplikasi e-BERPADU ini, pengurusan berkas terkait penegakan hukum, dapat diproses secara efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *