Pantau Inflasi di Pasar Mandalika, Pj Gubernur NTB : Stok Komoditi dan Harga Aman Terkendali

Pantau Inflasi di Pasar Mandalika, Pj Gubernur NTB : Stok Komoditi dan Harga Aman Terkendali

Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si meninjau Pasar Mandalika, Bertais, Kota Mataram bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi NTB, pada Rabu, 1 November 2023.

Kegiatan tersebut dalam rangka Operasi Pasar Murah bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok. Khususnya beras agar stok dan harga tetap stabil di tengah-tengah masyarakat.

Dalam pantauan tersebut, Miq Gita sapaan akrab Pj Gubernur NTB mengatakan, ketersediaan stok komoditi seperti Beras, Bawang, Ikan, Cabai dan lainnya hingga saat ini masih aman. Begitu pula dengan harga semua komoditi tersebut yang tetap terkendali.

TPID akan terus melakukan pemantauan dan langkah-langkah strategis agar Inflasi di NTB tetap stabil.

“Meskipun tadi ada komoditas yang sedikit mengalami kenaikan harga, namun masih terbilang normal,” ungkapnya.

Khusus untuk upaya antisipasi kenaikan harga Ikan akan perubahan cuaca angin barat, Miq Gita meminta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB untuk mengoptimalkan penyimpanan Ikan di seluruh Cold Storage yang ada, baik yang ada di Kabupaten dan Kota di seluruh NTB.

Saat ini, daya tampung Cold Storage sebesar 50 ton ikan, dan cukup untuk mengantisipasi ketersediaan selama tiga bulan kedepan. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Instansi terkait akan meminta tambahan Cold Storage di pemerintah pusat, bukan hanya untuk Ikan, tapi untuk cabai dan bawang.

“Ini salah satu langkah untuk mengantisipasi ancaman Inflasi pada saat cuaca ekstrim angin barat melanda wilayah NTB,” ucapnya.

Turut mendampingi dalam giat tersebut, Asisten II Provinsi NTB, Kepala Dislutkan Provinsi NTB, Kepala Dinas Ketahanan pangan Provinsi NTB, Kepala Biro Ekonomi Setda Provinsi NTB, Kepala Biro Adpim Setda Provinsi NTB dan Jajaran Bulog NTB. (Mawardi, Photo : Gun)

      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *