Menteri PPPA dan Pj Gubernur NTB Kunjungi Lapas Perempuan Mataram

Menteri PPPA dan Pj Gubernur NTB Kunjungi Lapas Perempuan Mataram

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si dan Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si beserta Kakanwil Kumham RI NTB, mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Mataram, pada Rabu 18 Oktober 2023.

Kedatangan Menteri PPPA dan Pj Gubernur NTB tersebut dalam rangka melihat langsung bimbingan teknis Kewirausahaan, berupa pelatihan tata kecantikan bagi warga Lapas binaan lembaga pemasyarakatan perempuan kelas IIA Mataram.

Berbagai bentuk pelatihan dan pembinaan yang diberikan bertujuan untuk memberikan skill kepada warga binaan sehingga ketika mereka kembali di tengah-tengah masyarakat akan memiliki keterampilan untuk membangun sebuah usaha yang produktif.

Selain pembinaan kemandirian, Lapas juga memberikan pembinaan kepribadian, dengan harapan mereka dapat mengambil hikmah dari keberadaan di Lapas, dengan melakukan introspeksi diri untuk menjadi lebih baik, bahkan dari zero to hero.

Pj Gubernur NTB Miq Gita sapaan akrabnya, sangat tertarik dengan keterampilan menenun kain tradisional khas NTB yang diberikan di LPP kelas IIA Mataram. Miq Gita mengatakan, Provinsi NTB akan melaunching program Jum’at Salam dan Jum’at Belondong.

Untuk itu, Miq Gita meminta tenun yang dihasilkan dari LPP Kelas IIA Mataram, dapat ditampung dan dibeli oleh OPD lingkup Provinsi NTB untuk program Jum’at Belondong tersebut.

“Karena kain yang digunakan sebagai sarung (londong) harus kain hasil kerajinan UMKM khas daerah. Bukan cap gajah, wadimor dan mangga,” ujarnya.

Itulah tujuan dari program Jum’at Salam dan Jum’at Belondong, selain turun ke Desa menyelesaikan masalah masyarakat, juga untuk memajukan UMKM, terutama pengrajin tenun di NTB.

Program ini tentu mendapatkan pujian dan sambutan positif dari Menteri PPPA RI, program tersebut dinilai sangat bagus untuk mengakomodir hasil kerajinan dari pelaku UMKM di NTB, apalagi akan menampung hasil karya warga binaan di LPP kelas IIA Mataram.

“Terima kasih dan apresiasi kami kepada pak Gubernur atas program Jum’at Salam yang sangat bagus, dan berdampak positif bagi warga binaan di Lapas Perempuan Mataram,” ucapnya.

Selain mengkomodir hasil kerajinan para warga binaan, Miq Gita juga mengatakan, setelah nanti mereka keluar dari Lapas, akan diberikan bantuan alat, sehingga mereka bisa nyesek (menenun) di rumahnya.

“Terima kasih kepada Lapas Perempuan Mataram yang telah memberikan pembinaan, dan ini tugas pemerintah daerah juga,” pungkasnya. (Sandy, Photo : Jun)

               

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *