H-9 Pemilu 2024, Pj Gubernur bersama Kapolda NTB Gelar Apel Pengamanan dan Pengecekan Logistik

H-9 Pemilu 2024, Pj Gubernur bersama Kapolda NTB Gelar Apel Pengamanan dan Pengecekan Logistik

Menjelang sembilan hari (H-9) pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024, Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si bersama Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Raden Umar Faroq, S.H., M.Hum, Danrem 162 Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, unsur Forkopimda Provinsi NTB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB dan Bawaslu Provinsi NTB melaksanakan apel pengamanan dan pengecekan logitik berupa sarana-prasarana pengamanan tahap pemungutan suara Pemilu 2024.

Apel tersebut merupakan bentuk pengecekan akhir dari persiapan personil pada pengamanan tahap pemungutan suara, dengan harapan Pemilu 2024 dapat terselenggara dalam kondisi aman, damai, lancar, demokratis dan sukses.

Dalam pengamanan Pemilu 2024 ini yang dimulai dari tingkat TPS, Polda NTB menyiapkan personil pengamanan dengan rincian personil Polda dan TNI sejumlah 7.629 personil, personil Polda dan jajaran Polres sejumlah 7.352 personil, personil Polda NTB sendiri sejumlah 1.754 personil dan Polresta Mataram sejumlah 5.598 personil. Sedangkan jumlah TPS di Provinsi Nusa Tenggara Barat sebanyak 16.244 TPS.

Dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur NTB menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolda NTB beserja jajaran dan Danrem 162 Wira Bhakti, Polri dan TNI yang telah menunjukkan kesiapan untuk mengawal proses demokratisasi pemberian suara yang ditandai dengan gelaran apel pengamanan dan pengecekan logistik dengan seluruh pasukan yang terlibat dalam pengamanan dan pelaksanan Pemilu 2024.

Miq Gita sapaan akrab Pj Gubernur NTB ini mengatakan, selanjutnya tugas Pemerintah adalah memfasilitasi dan memberikan dukungan termasuk pada hal-hal yang sifatnya dari belakang. Pemerintah akan segeara mengkonsolidasikan dengan pihak terkait, seperti PLN, Telkom, dan lain sebagainya agar pada saat proses pemungutan suara semua berfungsi dengan baik.

Petugas kesehatan juga juga disiagakan pada saat pelaksanaan Pemilu, daerah-daerah rawan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir akibat dari cuaca ekstrem yang menjadi jalur distribusi logistik juga disiagakan alat-alat berat, semua bersinergi untuk kelancaran Pemilu mendatang.

Oleh karena itu, Miq Gita mengajak semua pihak, mulai dari Tokoh Masyarakat dan masyarakat itu sendiri untuk datang ke TPS memberikan suara dalam suasana yang gembira, bahagia, dan tanpa ada unsur paksaan.

“Mudah-mudahan Pemilu kita berjalan aman, damai, lancar dan penuh persaudaraan seperti sesenggak sasak “Aik Meneng Tunjung Tilah Empak Bau” artinya tujuan tercapai tetapi jalannya tidak robek-robek semua utuh, mudah-mudahan ini adalah ikhtiar kita bersama termasuk diantaranya teman-teman media mari dukung suasana ini menjadi tetap sejuk, apa gunanya TNI dan Polri sudah menciptakan semua itu dengan sangat baik, tetapi teman-teman media juga tidak membantu, karenanya kami mohon bantuan teman-teman media mari kita bersama-sama, ini pertaruhan bangsa dan negara kita,” tutupnya. (Mawardi, Photo : Jibeng)

                   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *