Gubernur NTB Kukuhkan Bunda Literasi Kabupaten/Kota se-Pulau Lombok dan KSB

Gubernur NTB Kukuhkan Bunda Literasi Kabupaten/Kota se-Pulau Lombok dan KSB

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengukuhkan Bunda Literasi Kabupaten/Kota se-NTB bertempat di Pendopo Gubernur NTB, Senin, 10 Oktober 2022. Adapun Bunda Literasi yang dikukuhkan pada hari ini yakni, Kabupaten/Kota se-Pulau Lombok dan Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam momen tersebut, Bang Zul sapaan populer Gubernur NTB menyampaikan tantangan yang harus dihadapi menyambut era sosial media seperti saat ini. Hal ini menjadi salah satu sebab kurangnya minat baca dari masyarakat yang cenderung menyaksikan video yang berseliweran di dunia maya. Untuk itu, kehadiran Bunda Literasi ini diharapkan Bang Zul dapat menciptakan budaya literasi dan meningkatkan kembali minat baca masyarakat NTB.

“Bunda Literasi itu bisa memulai suatu pekerjaan yang tidak gampang. Cinta pada buku, cinta kepada smartphone dengan konten yang menarik untuk mungkin menyampaikan apa yang ada didalam buku dan handphone tersebut kepada masyarakat kita,” tuturnya sembari menekankan bahwa rajin membaca dapat memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan. Sehingga berbagai permasalahan yang terjadi seperti kemiskinan, stunting hingga pernikahan dini dapat ditemukan solusinya melalui membaca.

Sementara itu, Bunda PAUD NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menyebutkan, kegiatan ini juga dirangkai dengan Rapat Koordinasi Bunda PAUD se-NTB, yang diikuti Bunda PAUD dan Literasi se NTB. Menurut Bunda Niken, Bunda PAUD dan Bunda Literasi Provinsi NTB telah memiliki figur idola dan figur inspiratif. Figur tersebut bisa bersama-sama bersemangat meningkatakan literasi di daerah masing-masing. Peran Bunda PAUD dan Bunda Literasi sangat penting dalam mengakselerasi pembangunan daerah. Yang mana, mereka adalah istri Kepala Daerah yang mengemban banyak tugas untuk memajukan daerah.

Berdasarkan data Perpustakaan Nasional RI dalam mengukur Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) pada 34 provinsi di Indonesia, posisi Provinsi Nusa Tenggara Barat berada pada urutan 14. Pada tahun 2021, urutan tersebut naik menjadi peringkat ke 10. Namun, untuk kegemaran membaca masyarakat Provinsi NTB masih harus ditingkatkan. “Harapkan kita Bunda PAUD dan Bunda Literasi Kabupaten dan Kota bisa dengan cepat meninggkatkan literasi warga di masing-masing daerah,” tuturnya. (rL/Rose)

Download foto-foto kegiatan DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *