Geliat Nyata Industrialisasi Hasil Tembakau NTB

Geliat Nyata Industrialisasi Hasil Tembakau NTB

Tembakau di NTB memiliki kualitas yang begitu baik sehingga banyak di ekspor ke luar daerah. Namun, tembakau tersebut dijual dengan harga relatif murah untuk kemudian dibeli kembali berupa produk rokok dengan harga yang mahal.

Inilah pentingnya industrialisasi yang menjadi program unggulan Pemerintah Provinsi NTB. Saat ini, di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) NTB yang berlokasi di Kabupaten Lombok Timur telah berhasil mengolah hasil tembakau untuk diolah menjadi rokok.

“Industrialisasi kita nyata. Kita sekarang berani dan punya kemampuan untuk membuat rokok sendiri. Mengolah tembakau kita sendiri di tempat kita. Itulah industrialisasi itu,” ujar Gubernur NTB saat kunjungannya ke KIHT NTB pada Senin, 10 Juli 2023.

Melalui industrialisasi, lapangan tenaga kerja turut terbuka lebar bagi masyarakat. Hal ini dibuktikan pula saat Gubernur NTB menyapa masyarakat yang tengah melakukan pelatihan pembuatan rokok.

“Dengan industrialisasi tenaga-tenaga kerja kita banyak terserap dan menghasilkan dampak ekonomi yg luar biasa. Ibu-ibu jadi punya alternatif selain menjadi petani dan menjadi menjadi tenaga kerja di negara lain,” tutur Bang Zul sapaannya.

Semoga Kawasan Industri Hasil Tembakau NTB yang beroperasi di Kabupaten Lombok Timur dapat menjadi rumah yang nyaman dan produktif untuk mengakomodir UKM-UKM tembakau di NTB. (Sandy, Photo : Jibeng)

   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *