Gelar Rakor TPID, Pemprov NTB Beri Atensi Pada Ketersediaan Pangan

Gelar Rakor TPID, Pemprov NTB Beri Atensi Pada Ketersediaan Pangan

Pada tahun 2023, NTB tercatat masuk 10 besar provinsi dengan tingkat inflasi terendah se-Indonesia. Di awal tahun 2024, Indeks Perkembangan Harga (IPH) berada dalam tiga besar nasional yaitu di angka -1,82. Pada 2024 ini, NTB menargetkan angka inflasi sebesar 2,5±1%.

Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menekankan agar Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah 10 Kabupaten/Kota memberi atensi penuh dalam pengendalian inflasi khususnya terkait ketersediaan pangan, terlebih tahun 2024 merupakan pesta demokrasi Indonesia.

“Jangan sampai akibat dari tidak tertangani masalah ekonomi dengan baik menimbulkan distrust (ketidakpercayaan) terhadap pemerintah, distrust berkembang menjadi sebuah keresahan-keresahan sosial, keresahan-keresahan terakumulasi menjadi kerusuhan, chaos (kekacauan), dalam suasana pesta demokrasi,” ucap Miq Gita sapaan Pj Gubernur dalam Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi NTB Tahun 2024 di Kantor Gubernur pada Jumat, 12 Januari 2024.

Pada 2024, berbagai hal telah dilakukan Pemprov NTB dalam mengendalikan angka inflasi seperti (1) pasar murah, (2) kunjungan dan memberi bantuan ke daerah terdampak El Nino serta koordinasi dengan berbagai pihak dalam menghadapi El Nino, dan (3) koordinasi dengan maskapai penerbangan terkait administrative price angkutan udara dan konektivitas NTB sebagai daerah pariwisata. Sedangkan pada tahun 2023 hal-hal yang telah dilakukan TPID provinsi dan 10 kabupaten/kota seperti Rakor TPID berkala, tanam cabe, sidak dan operasi pasar, stabilisasi harga, tandatangan MoU se-Provinsi NTB, replikasi kampung tanggap inflasi (urban farming) dan sosialisasi kepada masyarakat terkait inflasi.

“Konsolidasi dan komunikasi efektif yang sudah tercipta selama 2023 mari kita tindaklanjuti, kita pertahankan, dan tingkatkan kualitasnya di tahun 2024,” pesan Miq Gita. (Atikah, Photo : Jupri)

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *