BUNDA NIKEN AJAK PENGURUS PAUD BERIKAN MATERI YANG TEPAT

BUNDA NIKEN AJAK PENGURUS PAUD BERIKAN MATERI YANG TEPAT

Mataram -Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE. M.Sc mengajak semua pihak yang memiliki peran untuk memperhatikan sekolah PAUD. Hal ini harus dilakukan dalam rangka mengembangkan pendidikan anak usia dini agar mendapatkan materi yang tepat.

“Inilah saatnya kita sama-sama memperhatikan PAUD dan bersama-sama kita lakukan tugas-tugas kita. Kadang-kadang di satu dusun ada satu PAUD tapi jarang ada yang memperhatikan, itu yang jadi konsen kita semua dan itulah tugas kita semua di PKK,” ungkap Hj. Niken yang juga sebagai Bunda PAUD di Gedung Inovasi Kantor BP PAUD DIKMAS, Selasa (10/12/2019).

Ia mengatakan bahwa tugas mengembangkan PAUD ini sudah lama menjadi tugas PKK, hanya saja belum dilakukan secara terarah dan terkoordinir dengan baik. Kedepannya, PAUD akan diprioritaskan dalam setiap program.

Alasan kenapa PAUD harus diutamakan karena PAUD adalah tempat awal anak-anak mengenyam pendidikan. Awal pendidikan anak-anak haruslah dimulai dengan baik.

“Persiapan manusia yang paling tepat adalah di masa PAUD. Dimana kita bisa lakukan intervensi yang paling bisa bermakna. Kalau kita bicara kamu muda, mereka punya karakter tertentu yang bersifat negatif, sudah susah merubahnya. Namun, pada usia PAUD, hal itu bisa diubah dengan pendidikan-pendidikan yang tepat,” terang Bunda Niken.

Dalam acara Peningkatan Kompetensi Mentor Pengembangan PAUD Berkualitas Provinsi NTB tersebut, Bunda Niken mengajak pengurus PAUD untuk bersinergi dengan instansi pemerintah dalam menjalankan program-program PAUD yang ada di kabupaten/kota.

“Kita sangat berharap ibu-ibu di kabupaten/kota untuk mengajak dan memberikan wawasan kepada pemangku kepentingan di wilayah masing-masing terkait pentingnya PAUD ini. Kalau sudah dijadikan program oleh pemerintah, maka lebih mudah bagi kita yang di lapangan untuk menjalankan kegiatan ini,” tutup Bunda Niken.

Ia mencontohkan di kabupaten Sumbawa sudah ada peraturan bupati (Perbup) dan sudah dianggarkan dalam APBDnya. Dengan begitu, banyak sekali program yang dilakukan untuk kemajuan PAUD.

Bunda PAUD berpesan kepada seluruh mentor yang mengikuti kegiatan ini agar memberikan informasi sebanyak mungkin terkait PAUD di wilayah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *