Bunda Lale Sambut Baik Kerjasama dengan PKBI NTB

Bunda Lale Sambut Baik Kerjasama dengan PKBI NTB

PJ Ketua TP PKK NTB, Hj. Lale Prayatni menerima audiensi Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTB pada Kamis, 1 Februari 2024 di Pendopo Gubernur NTB.

Di tahun 2024 ini, TP PKK NTB menjadi mitra PKBI NTB dalam program transformasi layanan kesehatan primer. Program ini berfokus pada penanggulangan kematian bayi baru lahir serta layanan air bersih dan sanitasi ramah disabilitas dan ramah perempuan di puskesmas di tiga kabupaten/kota di NTB yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Timur.

Terkait program tersebut, Direktur Eksekutif Daerah PKBI NTB, Ahmad Hidayat, S.Pd. menjelaskan PKBI NTB akan membangun dan/atau merenovasi fasilitas sanitasi di puskesmas, pelatihan kepada para kader PKK di puskesmas dan posyandu agar memiliki 25 kompetensi kader, serta pelatihan kader untuk supervisi di lapangan.

“Kami butuh bermitra dengan PKK karena kader kesehatan kita kebanyakan kader PKK dan PKK yang paling tahu kapasitas kader”, ucapnya.

Menanggapi kerja sama ini, Bunda Lale, sapaan akrab PJ Ketua TP PKK NTB mengaku masalah pernikahan dini dan kesehatan di NTB menjadi masalah yang harus cepat ditanggapi sehingga ia menyambut baik dan optimis dengan keberlangsungan program ini.

“Kita jangan pesimis, kita optimis. Mari kita jalankan program ini dengan maksimal”, ujarnya. Ia pun berharap program ini akan terus berkelanjutan di NTB.

PKBI adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mempelopori Keluarga Berencana di Indonesia, didirikan sejak tahun 1957 yang fokus melakukan berbagai program, advokasi, pemberian informasi, edukasi, dan layanan yang berkaitan dengan kesehatan seksual dan reproduksi di Indonesia. (Atikah, Photo : Jun)

  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *