Bahas Stunting dan KB, Wagub Sambut Baik Kolaborasi BKKBN

Bahas Stunting dan KB, Wagub Sambut Baik Kolaborasi BKKBN

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyambut kunjungan Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Irma Ardiana, MAPS beserta tim di Ruang Kerja Wagub NTB, Selasa, 7 Februari 2023.

Kunjungan tersebut membahas upaya kolaborasi BKKBN pusat dalam menurunkan angka stunting dan Keluarga Berencana di NTB. Dalam laporannya, dr. Irma Ardiana, MAPS menyampaikan kesiapan timnya serta Satgas yang telah dibentuk dalam ikhtiar menurunkan angka stunting dan juga edukasi KB.

Wagub NTB menyambut baik kolaborasi yang dilakukan BKKBN pusat bersama dengan Pemerintah Provinsi NTB. Dengan sinergi, berbagai permasalahan terkait stunting dan juga pernikahan dini yang masih cukup tinggi di NTB dapat dikerjakan bersama dan tentunya akan lebih ringan dilakukan.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub yang akrab disapa Umi Rohmi juga kembali menyampaikan bahwa di NTB kini telah 100% Posyandu Keluarga. Hadirnya Posyandu Keluarga ini tentunya sejalan dengan upaya menurunkan stunting hingga edukasi KB. “Makanya kami di NTB mengaktifkan posyandu, seluruh posyandu di NTB kini menjadi Posyandu Keluarga, yang sebelumnya hanya melayani ibu hamil dan bayi, sekarang juga turut melayani remaja hingga lansia,” ungkapnya.

Selain itu, NTB juga saat ini memiliki data “by name by adress” yang mencakup data stunting lengkap disetiap dusun. Hal ini terbukti dengan turunnya angka stunting di NTB yang saat ini diangka 17% .

Begitu pula keberhasilan 3 Pilar STBM yang sudah terpenuhi di Provinsi NTB. Hal ini tentunya turut berperan besar dalam menurunkan angka stunting di NTB karena menjadi pilar penting kesehatan. Selanjutnya, NTB menargetkan terpenuhinya seluruh 5 Pilar STBM dalam waktu mendatang. “Kami berterima kasih BKKBN hadir disini dan kami berharap segala yang dilakukan BKKBN dapat terintegrasi dengan Dinas Kesehatan, karena semua butuh kolaborasi,” ucap Umi Rohmi.

Turut mendampingi Wagub NTB dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi NTB. (Sandy, Photo : Fadli)

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *