Anugerah Duta Bahasa NTB 2023, Bunda Niken Gelorakan Tri Gatra Bangun Bahasa

Anugerah Duta Bahasa NTB 2023, Bunda Niken Gelorakan Tri Gatra Bangun Bahasa

Bunda Literasi NTB, Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyah mengajak peserta Duta Bahasa NTB dan juga seluruh generasi muda semakin menguatkan kembali penghargaan, kebanggaan serta relevansi penggunaan bahasa persatuan Indonesia. Hal ini disampaikan Bunda Niken sapaan akrabnya saat menghadiri Final Pemilihan Anugerah Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2023 di Hotel Aston Inn Mataram, Kamis, 11 Mei 2023.

“Menjadi Duta Bahasa memiliki tugas-tugas yang cukup berat, dan saya pikir untuk NTB dengan kita menjadi salah satu daerah dengan kunjungan wisatawan yang cukup banyak, dengan event-event nasional dan internasional yang cukup banyak, mengharuskan kita semua menguasai dan melaksanakan Tri Gatra Bangun Bahasa, yakni Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah serta Menguasai Bahasa Asing,” pesannya.

Bahasa Indonesia merupakan bagian dari perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan. Untuk itu, Bunda Niken berpesan agar sejarah ini dapat dimaknai dengan baik oleh generasi muda.

“Selanjutnya adalah bagaimana kita menghargai dan menggunakan bahasa Indonesia itu sebagai bentuk dari kebanggaan kita terhadap sejarah bangsa kita,” kata Bunda Niken.

Kedepannya, Bunda Niken berharap bahasa daerah yang ada di NTB yang merupakan kekayaan daerah, dapat terangkat pula dalam event nasional maupun internasional yang akan digelar di NTB nantinya. Ia yakin Duta Bahasa NTB nantinya dapat memberikan kontribusinya dalam mengharumkan nama NTB ditingkat nasional sekaligus menjalankan tugas-tugasnya sebagai Duta Bahasa NTB.

“Semoga diperoleh Duta Bahasa terbaik, bagi teman-teman semua yang hadir disini dan juga bagi para finalis yang ada, kita tetap menjadi Duta Bahasa dimanapun kita berada,” ajaknya.

Terakhir, Bunda Niken menyampaikan apresiasi kepada Kantor Bahasa Provinsi NTB atas terselenggaranya kegiatan Anugerah Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2023. Ia menilai pemilihan Duta Bahasa tahun ini cukup komprehensif karena melibatkan banyak pihak dan kalangan.

“Mewakili Bunda Literasi dan Pemerintah Provinsi NTB, mengucapkan terima kasih kepada Kantor Bahasa NTB serta jajarannya atas upaya-upaya ini,” tutup Bunda Niken. (Sandy, Photo : Jun)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *